Keuntungan Dan Kekurangan Menggunakan Bata Ekspose

Keuntungan Dan Kekurangan Menggunakan Bata Ekspose

Berkembangnya arsitektur bangunan membuat banyak orang mencari kepuasan tersendiri dalam menikmati hunian mereka sendiri. Banyak inovasi yang telah ditemukan dalam arsitektur hunian, ada yang berkesan vintage hingga moderen.

Semua jenis arsitektur bangunan memberi kesan tersendiri bagi penghuninya. Salah satu rancangan bangunan yang saat ini sedang populer adalah menggunakan bata ekspose pada dinding rumah Anda.

Apa itu bata ekpose? Bata ekspose sendiri adalah rancangan bata yang memiliki pori sedikit yang disusun secara teliti dan presisi tingkat tinggi. Cara pembuatannya dengan dibakar terlebih dahulu menggunakan mesin press tanpa pelapisan semen dan pasir.

Oleh karenanya, menggunakan bata ekpose pada dinding rumah Anda adalah sesuatu yang berkelas dan membawa kesan klasik yang kental pada rumah Anda.

Terdapat beberapa keuntungan dan kekurangan menggunakan bata ekspose ini, yaitu:

1. Keuntungan Menggunakan Bata Ekpsose

 

• Mengurangi Biaya Pembuatan

Karena menggunakan bata ekspose tidak memerlukan pelapisan berupa semen dan pasir, juga cat dinding, maka dapat disimpulkan bahwa biaya pembuatan untuk dinding dengan menggunakan bata ekspose ini dapat dihemat.

• Membawa Suasana Klasik ke Rumah Anda

Bagi Anda yang suka nuansa kampung dan ingin membawa serta kampung halaman Anda di perkotaan yang kebanyakan adalah bergaya modren, Anda dapat menggunakan bata ekspose. Dengan pengaplikasian bata ekspose pada dinding rumah Anda, temui kesan klasik yang akan merasuk ke kenyamanan jiwa Anda.

• Berkreasi Tanpa Batas

Anda memiliki banyak koleksi furniture klasik? Dengan pengaplikasian dinding menggunakan bata ekspose hal ini sangatlah sesuai. Aplikasikan koleksi furniture klasik Anda dengan dinding bata ekpose pada rumah Anda, dijamin Anda bakal betah berlama-lama di rumah, menikmati betapa indah dan nyamannya rumah Anda.
Selain keuntungan tersebut di atas, menggunakan bata ekspose untuk diaplikasikan pada dinding rumah Anda juga memiliki kekurangan yang harus dipertimbangkan jika ingin menggunakan material ini.

2. Kekurangan Menggunakan Bata Ekspose

 

• Membutuhkan Waktu Lama

Dalam pemasangannya, pengaplikasian bata ekspose pada dinding rumah membutuhkan waktu yang lama disebabkan karena perlu kehati-hatian dan ketelitian tingkat tinggi dalam proses pembuatannya. Jadi, Anda harus sabar dalam proses pembuatan dinding bata ekspose ini.

• Rawan Serangan Lumut dan Jamur

Lumut dan jamur sangat mudah tumbuh pada material batu. Oleh sebab itu, dinding yang menggunakan bata ekspose harus benar-benar dirawat untuk menghindari tumbuhnya lumut dan jamur di permukaan dinding bata ekspose.

• Diberi Tambahan Pelapis Anti Bocor

Seperti kita ketahui, bata yang disusun apabila turun hujan maka akan mudah sekali mengalami kebocoran. Oleh sebab itu, perlu adanya pelapis anti bocor jika Anda ingin mengaplikasikan bata ekspose pada dinding rumah Anda.

• Membutuhkan Tukang Profesional

Tukang bangunan yang ahli dalam proses penyusunan bata ekspose ini masih sangat jarang. Karena pengaplikasian bata ekspose ini membutuhkan ketelitian tingkat tinggi.

Sehingga, Anda harus benar-benar memilih tukang bangunan yang profesional dalam hal ini. Agar dinding bata ekspose Anda benar-benar tercipta dengan bagus dan rapi.

• Biaya Perawatan akan Lebih Mahal

Pada kasus tertentu, meskipun dalam pengaplikasian pemasangan menghemat biaya semen dan pasir, penggunaan bata ekspose memiliki kekurangan dalam hal perawatan apabila menimbulkan kebocoran saat hujan, juga perawatan saat terkena serangan jamur dan lumut, dan lain sebagainya

Oleh karena itu, bijaklah memilih pengaplikasian jenis dinding yang sesuai dengan gaya, selera, serta kantong Anda tentunya. Semoga artikel mengenai keuntungan dan kekurangan menggunakan bata ekspose ini dapat membantu Anda.

5 Hal PENTING, desain rumah menggunakan bata expose

5 Hal PENTING, desain rumah menggunakan bata expose

Desain rumah menggunakan bata expose biasanya ditemukan di daerah pedesaan. Namun, seiring berjalannya waktu desain rumah menggunakan bata expose ini semakin populer juga di daerah perkotaan, khususnya untuk bagian dinding.

Menggunakan desain rumah bata expose tentu saja memiliki cita rasa seni yang tinggi apalagi jika didesain oleh seorang arsitek ulung.

Berikut ini beberapa hal mengenai desain rumah menggunakan bata expose

  1. Tampilkan Nuansa Merah Bata di Rumah Anda

Dengan menggunakan bata expose pada rumah Anda, pastikan dinding rumah Anda berwarna merah bata yang memukau. Hadirkan rumah nuansa pegunungan dan pedesaan kembali pada rumah Anda.

Jika rumah Anda terdapat di perkotaan yang biasanya menggunakan arsitektur modren untuk hunian tempat tinggal mereka, apa salahnya menjadi sedikit berbeda dan unik dengan menghadirkan nuansa merah bata expose pada rumah Anda.

Selain berkesan elegan, tampilan klasik yang memukau juga akan hadir dalam hunian rumah Anda.

2. Pilih Warna Bata yang Tingkat Keseragaman Warnanya Tidak Jauh Berbeda

Dalam mengaplikasikan bata pada sebagian atau keseluruhan dinding rumah Anda, perhatikan keseragaman warna dalam memilih bata yang sesuai.

Usahakan warna bata memiliki keseragaman yang sama, meskipun berbeda namun perbedaan warnanya tidak terlalu mencolok. Warna bata sendiri ada yang merah ada juga yang merah kecoklatan.

Jadi, jika perbedaan warna sudah terlihat kontras, lebih baik jangan terlalu memaksakan bata kelihatan sesuai karena ini bisa berakibat efek tidak nyaman dipandang mata.

Jadi, jika Anda memutuskan untuk mendesain dinding rumah Anda dengan menggunakan bata expose, usahakan menggunakan bata yang memiliki keseragaman warna dan lebih baik lagi dibantu oleh seorang arsitek profesional yang pasti akan siap membantu untuk mendesain rumah Anda ke arah yang lebih baik lagi.

3. Dapat Dijadikan Ventilasi di Kala Cuaca Panas

Kala musim kemarau tiba, Anda memerlukan ventilasi udara yang berguna untuk menyaring udara agar udara di rumah Anda tidaklah terlalu panas. Dengan menggunakan ventilasi dari bata expose akan membantu Anda menciptakan ventilasi udara yang berseni.

Biasanya ventilasi digunakan dengan menggunakan bahan tanah liat dapat digantikan dengan bata yang disusun dengan sedikit renggang. Dengan begitu, penataan rumah Anda akan terlihat semakin berkelas dan homey.

4. Bata Expose pada Dinding Kamar Tidur Menciptakan Kesan Nyaman

Jangan ragu untuk menerapkan desain bata expose pada ruang istirahan Anda. Dengan mengaturnya sedemikian rupa, Anda bisa mendapatkan penggunaan bata yang menarik.

Tempatkan saja ranjang di depan dinding yang akan Anda terapkan dari bata ekpose. Tambahkan beberapa hiasan dinding pada dinding bata expose tempat tidur Anda.

Misalnya seperti penambahan bingkai foto, lukisan, atau kerajinan tangan berupa sulaman yang sudah dibingkai dan lain sebagainya yang dapat mempercantik ruang tidur Anda.

5. Bata Expose Juga Menarik Ditempatkan di Dinding Dapur

Dinding dapur Anda dapat didesain dengan menggunakan bata expose khususnya dinding antara meja dan lemari kabinet dapur Anda. Dengan menggunakan penerapan bata expose pada dinding dapur Anda maka dapur Anda akan terlihat lebih bergaya.

Namun jika memutuskan untuk mendesain rumah Anda dengan dinding bata expose, maka Anda juga harus bersiap dengan biaya perawatan bata ini. Diperlukan perawatan lebih untuk dinding bata expose agar tetap terlihat nyaman dan rapi tentunya.

Demikian, desain rumah menggunakan bata expose, semoga membantu bagi Anda yang sedang memikirkan rancangan dinding rumah Anda.